PAI STAMIDIYA Kamis, 8 Agustus 2024 11:44 WIB
Audit Mutu Internal Ungkap 11 Temuan Strategis untuk Peningkatan Kualitas Prodi PAI STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
Bangkalan, 7 Agustus 2024 – Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Hamidiyah Bangkalan telah menyelesaikan Audit Mutu Internal (AMI) yang berlangsung selama dua hari, pada 6-7 Agustus 2024. Audit yang dipimpin oleh Mukimin, S.Pd.I., ini menghasilkan 11 temuan kritis yang menjadi fondasi bagi perbaikan dan peningkatan mutu berkelanjutan di program studi tersebut.Dalam laporannya, tim auditor menyampaikan bahwa AMI ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian dan efektivitas sistem penjaminan mutu internal di Prodi PAI. Dari hasil pemeriksaan mendalam terhadap dokumen dan wawancara dengan berbagai pihak, teridentifikasi sejumlah area yang memerlukan perhatian dan penanganan serius.Sebelas Temuan dan Rekomendasi PerbaikanBerikut adalah 11 temuan utama beserta rekomendasi yang disampaikan oleh tim auditor:1. Keterlibatan Stakeholder dalam Perencanaan: Tidak adanya bukti sahih yang menunjukkan pelibatan stakeholder dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS). Rekomendasi: Diperlukan pembuktian yang sahih atas keterlibatan stakeholder dalam proses perencanaan ini.2. Sosialisasi VMTS kepada Mahasiswa: Sosialisasi VMTS kepada mahasiswa dinilai kurang, sehingga banyak yang belum memahami atau menghafal visi prodi. Rekomendasi: Perlu diselenggarakan sosialisasi VMTS yang terstruktur dan terprogram kepada seluruh mahasiswa.3. Pengelolaan Dokumen Mutu: Sebagian besar program studi belum dapat menunjukkan dokumen mutu atau bukti sahih kegiatan secara maksimal akibat pengarsipan yang kurang baik. Rekomendasi: Setiap program studi harus memiliki dan mengarsipkan bukti sahih setiap kegiatan dengan lebih maksimal.4. Kualitas Input Mahasiswa: Rasio calon mahasiswa saat ini masih 1:1. Rekomendasi: Diperlukan peningkatan jumlah pendaftar minimal 10% per tahun dan upaya maksimal dalam merekrut mahasiswa asing untuk menuju program studi yang unggul.5. Kompetensi Dosen: Pengembangan kompetensi dosen, khususnya dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah, harus lebih sering dilakukan.6. Rasio Dosen dan Mahasiswa: Rasio dosen terhadap mahasiswa masih di bawah standar ideal 1:25, bahkan ada yang di bawah 1:10. Rekomendasi: Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) perlu bekerja keras untuk mencapai target, salah satunya dengan membuka kelas hybrid (online) agar rasio mendekati 1:25.7. Publikasi Ilmiah Internasional: Publikasi ilmiah internasional oleh Dosen Tetap Program Studi (DTPS) masih minim. Rekomendasi: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) perlu mengalokasikan anggaran khusus untuk membiayai publikasi internasional, terutama bagi dosen yang akan naik jabatan ke Guru Besar. Produktivitas penelitian dan pengabdian juga perlu ditingkatkan hingga memenuhi standar dana nasional.8. Luaran Mahasiswa: Belum ada luaran penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) mahasiswa dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Buku ber-ISBN per tahun. Rekomendasi: Diperlukan upaya untuk mendorong luaran penelitian mahasiswa minimal satu HaKI atau buku ber-ISBN per tahun.9. Survey Kepuasan dan Tracer Study: Pelaksanaan survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan belum optimal. Beberapa survey seperti Tracer Study, Tracer Pengguna Alumni, dan Tracer Karir Alumni belum berjalan dengan baik. Rekomendasi: Survey-survey ini harus dikelola secara profesional oleh lembaga seperti Pusat Karir.10. Prestasi Mahasiswa Level Internasional: Belum ada bukti sahih prestasi mahasiswa di level internasional, baik akademik maupun non-akademik, yang mencapai minimal 0,01%. Rekomendasi: Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan mahasiswa penghafal Al-Qur`an 30 juz untuk mengikuti tes kompetensi berstandar internasional di Kementerian Agama.11. Lulusan di Dunia Kerja Internasional: Belum ada bukti sahih 0,01% lulusan yang bekerja di level internasional/multinasional. Rekomendasi: Pengajaran bahasa asing perlu dimaksimalkan, dan pembentukan Pusat Bahasa (Language Center) untuk kursus serta tes TOEFL/TOAFL sangat disarankan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan tambahan.Komitmen untuk PerbaikanMenanggapi temuan ini, pimpinan Prodi PAI menyambut baik hasil audit sebagai bahan introspeksi dan peta jalan perbaikan.